Rabu, 07 Oktober 2015

pengalaman babyblues? atau postpartum depression?




Sebenernya agak malu gw berbagi crita ini si, ini juga gw tulis pas adya udah umur 2 tahun 2 bulan, tapi gw masi inget kaya apaan rasanya saat itu.. gw udah tau kalo orang-orang udah sering bilang nikmatin masa hamil nanti gak bakalan bisa tidur, lembur muluu loe, nikmatin masa pacaran nanti punya anak kaya dipenjara loh, sampe dikasi selamat begadang ya nad. Cerita broke shield baby blues juga gw tau walopun ga baca bukunya dan gw belom ngerti tapi gw pikir ah broke shield manja kali semept juga punya pikiran apaan si baby blues? bayinya jadi biru apa ya. Karena gw kerja di advertising jadi gw dengan PD nya bilang gw ga mungkin stres begadang menn!!! wong picing 3 hari pulang pagi jam 7 balik kantor jam 9 aja gw kuat kok, ini bayi kecilll lahhh gw walopun pulang sore tapi tetep molornya jam 11 12 masi seger, pasti bisalah

Ternyata gw salah besar temaann-temaaann..
eike kena babyblues (waktu itu gw belom tau soal postpartum depression atau biasa disingkat PPD) jadi tepat si adyla umur 40 hari gw kaburr jalan kaki ke RS ongkomulyo pulo mas (ude gila beneran kali ya guee kabur kok ke RS) dipikiran gw mau beli popok adyla deh jalan kaki aja, tapi gw sampe sana ( depannya ongkomulyo ada indomaret) malah duduk depan ATM BCA sambil bolak balik wc trus duduk di toilet lamaaa bgt, sempet gw pikir apa gw rawat inap aja ya bilangnya kecapean? tapi gw duduk aja di lobi RS sambil bingung mau ngapain, si andi sms gw suruh pulang (udah jam 9 pasti adyla udah bangun, waktu itu nyokap gw lagi jogging jadi dia gada dirumah) gw akhirnya telpon marizka temen kuliah gw sahabat gw yaaangg ternyata juga stress babyblues. Dia yang nolongin gw suruh gw jalan ke mall atau salon sekedar me time sebentar ga usah pikirin adyla krn gw punya simpenan ASIP, udah pikirin aja diri loe dulu, makan yang lo suka kek nonton atau apalah yang penting lo nya SEHAT dulu PIKIRANNYA.. gw berterima kasih banget sama marizka karena dia yang saat itu ngertiin gw, yang laennya mah pada bilang gw kurang bersyukur lah udah dikasi anak cepet banget, kurang sholat, ga tanggung jawab jadi ibu, dan semua perkataan menyakitkan termasuk nyokap gw bilang gw gak dewasa
gw di lobi RS sampe jam 1 siang dari jam 7 pagi, ade gw nyari sampe ke kelapa gading, andi juga nyariin gw muter keliling komplek, nyokap gw udah manasin asip, gw sadar klo mesti pulang aja dulu deh, jalan kaki sampe blok belakang ketemu andi sambil mewek (gw beli juga kok pampesnya) ade gw baik banget beliin mie ceker kesukaan gw tapi gw ga napsu makannya pokoknya mulai hari itu rumah rasanya kaya neraka bagi gw

apasih yang gw rasakan saat itu? pasti gw dianggep gila kalo lo belom ngalemin apa yang gw aleminin sama seperti halnya ada berita "seorang ibu siksa bayinya" ada juga yang bunuh anaknya kalo gw dulu waktu belom ngerti bilang ih ibunya gak sayang anaknya apa ya? kok tega banget sih, lain halnya pandangan gw pas udh punya anak gw jadi ngerti apa yang dialami si ibu itu.
jadi gw takut tidur dikamar gw karena gw tau disitu ada setan/zombie yang mau bunuh gw, gw emang pecinta walking death dari gadis dulu, krn gw ga takut zombie cuma pas kejadian itu gw takut klo cuma sekedar nonton pasti gw mikir yang macem-macem deh, nanti tuh setan nongol dari lemari, bawah kasur, dapur pokoknya gw takut sendirian dikamar maupun dirumah.

gw ga mau sendirian dirumah, sumpah ya gw takutt banget berdua sama adyla dirumah gw juga mikir kalo berdua sama bayi nanti dia bisa bunuh gw, dan setiap adyla ngulet bunyi dikit gw langsung mual muntah, jadi gw ngintilin kemana pun nyokap gw pergi ke arisan, ke acara senamnya, dia ngajar pun gw ikutin, sampe nyuci baju gw takut, pokoknya gw ga mau sendirian dirumah apalagi berdua sama bayi, repot banget deh saat itu padahal kalo dipikir itu saat yang menyenangkan adyla masi full asi jadi gw ga pusing kaya sekarang makannya susaahh.. gww juga tidur blakangin adyla dan gw udah tau jam dia bangun minta nenen, setiap kali adyla nangis minta nenen pasti gw muntah mual. Kalo malem tiba gw udah ketakutan bangett apalagi kalo andi belom pulang kerja/lembur pasti gw neror dia suruh cepet pulang karena gw takutt bangett, gw bisa nangis sendiri kalo tau nyokap gw mau pergi trus ga bisa di ikutin sama gw yang akhirnya gak jadi pergi.

setelah keluar dari KMC disitulah hidup kita para ibu dimulai, jangan salah ya bayi itu suka-suka gw, alias gak bisa diatur, terserah dia mau eek kapan, mau nete kapan, mau muntah, pipis nangis sepanjang malam juga sukaaaa sukaa gueeeee... si dyla nete gw liat jam ohh dia pas 15 menit udah kenyang trus molorr, cuma gw suka takut kalo dia nete cuma 5 menit trus molorrr, bahh! pasti nyusahin gw ni bentar lagi bangun HOROR!!! apalagi nyokap gw sama si andi penganut kebiasaan jaman dahulu kalaa, MEENNN!!!! ini juga gw karena masi ibu baru jadi gw ga ngertiiiiii persoalan popok sekali pake atau pampers, horor pantat lecet lah ruam haduhhh jadi selama 2 minggu gw pake popok kain, dari KMC juga dibiasain latihannya pake popok kain untung deh jd gw ga kaget banget dan belajar cara pakein popok sama bedong ya (KMC ini rumah sakit modern tapi gak menghilangkan tradisi jaman dulu, jadi OK bgt niii rumah sakit) sayangnyaa gw kan gada pembantu jadi sehari gak nyuci popok sama kain bedong habislahh idup gueeeee, andy juga sampe bantuin gw setrika popok bedong dyla, cuma yaa dia kan harus balik kerja dan mau gak mau gw harus cuci setrika itu popok, bedong kadang eek sampe ke punggung jadi baju juga gw cuci, trus belom juga baju gw yang numpuk kena gumoh plus muntah, inii biking kelelahan AKUT! belom malemnya gw bangun neteinn pulak!! udah gituu luka jahitan sesar gw masih butuh perhatian extra! gw gak bisa gerak cepet juga mana korset nyeksa banget 24 jam, pas gw mutusin gak pake korset prepet lagi (bikin lecet di bawah toket krn udh mulai menyusut badan gw) ituuuu yang namanya luka bekas jaitan ngiluuu bangeett dehh, setelah 1 bulanan baru deh gw ngerasain agak enteng itu luka sesar. Trus selama 40 hari gw juga gak boleh pergi keluar rumah bayangin gw dari yang tiap hari keluar rumah kerja, walopun lembur mandek mbutek dirumah.

paling kesel kalo orang bilang "ikutan tidur kalo bayinya bobo" yaa mana bisaaaaaa, disaat bayi tidur gw cepet-cepet makan, setrikalah, mompaa!!!! nabung buat stok ASIP pas gw kerja dan gw butuh hiburan juga, kalo adya udah tidur gw seneng malah pegang hp wa marizka, maya istrinya emir temen kuliah gw, prima, pokoknya gw butuh temen ngobrolll, karena gw ga bisa crita sama nyokap abisnya nyokap bilang gw ga dewasa udah punya anak kok masi manja gini? mama dulu sendiri apa-apa sendiri kamu mah enak tinggal sama mama kok malah kaya gini, orang lagi stress malah dibikin tambah strees siii kan tambah rudet pikiran gw, tapi akhirnya nyokap gw ngertiin gw karena ada murid senamnya yang anaknya sampe disuntik obat penenang karena dia babybluesnya udah mencapai level tertentu, Allhamdulilah ya gw masi sebatas mewek, merengek, ketakutan emosi gw masi bisa gw atur. Babyblues ini paling cepet ilangnya 2 minggu ya kalo ga masuk level parah, tapi bisa kumat dan kembali sewaktu-waktu juga makanya ibu yang kena babyblues butuh dukungan dari lingkungan sekitarnya yaitu keluarga supaya cepet sembuh.. Gw lupa gw mulai berangsur sembuh pulih pikirannya kapan. Jadi intinya gw kelelahan dan merasa kesepian trus bingung ni anak kok nangis melulu harus diapain belom lagi gw stress denger anak nangis brisikk (kalo sekarang si bodoamat si dyla mewek gw udah tau mewek boongan apa ngantuk apa tantrum)

apa yang menyembuhkan gw?
jalan-jalan dan makan yg gw suka
(gila deh makannya jajan melulu sampe bb gw 62 kilo) selama gw gesrek otaknya gw selalu ngintilin nyokap gw jalan-jalan, gw juga diajak andy jalan kalo malem minggu kita pergi makan keluar doang, makannya juga pecel ayam.

ada yang meringankan pekerjaan gw
kan gww bilang gw gada pembantu dirumah ya, trus akhirnya ada bala bantuan, mama dapet mbak yang anaknya juga seumuran sama adyla, alaupun dia cuma kerja pulang hari tapi mbak gw ini suka ngobrol jadi gw diajak ngobrol melulu, dia juga bantuin nyuapin adyla, trus klo kita ada perlu ke bogor mbak gw ajak biar bantuin ngemong nyuapin adyla, minimal gw bisa refreshing sebentar

buang pikiran negatif tentang pospak (popok sekali pake atau pampers) loe bisa kebayang kan bayi yang baru lahir eek sama pipisnya sehari bisa berapa kali? gw sampe nanya monik, maya debon smua gw tanyain karena di otak gw kasian klo pake pampes, sampe pada gw dijelasin panjang lebar sama Eka baru deh gw bisa berfikiran positif makein dyla pampers, ga usah tiap hari cuci popok kain, bedong baju juga bersih, tapi setiap 2-3 jam gw ganti pampers, kalo eek ya langsung ganti ini gak lebih cape daripada harus laundry cucian setrika segalaa, ibaratnya pampers kaya softek, mau gak loe pake kaen dilipet-lipet trus tiap hari harus lo cuci biar besok ada stok, dan harus disetrika biar kumannya hilang, cape bgt lahhh, gw juga bagi tugas ganti pampers sama andy, jadi kalo malem andy yang ganti pampes.. bayi juga lebih nyaman tidurnya karena kering pantatnya.

berbagi cerita dgn teman-teman kuliah
gw juga dikunjungin sama marizka prima seneng bgt rasanya, trus pas bulan puasa kita ketemuan seneng banget, dan gak lama adyla gede gw dibolehin andy ketemuan sama marizka prima, kan mereka jauh bgt rumahnya di bintaro ya, marizka bilang naik kreta aja lebih cepet, dan nyatanya gw menikmati desek-desekan di kereta commuterline, mengenang dulu pas ngantor pulang naik bus w pasti kebencet, andy bilang ketemuan aja di mall? gak ah gw bosen, kalo lagi gak bisa kemana-mana gw sering wa sama maya, prima, debon trus klo udah ga tahan paling telpon marizka hhahahaha ibu almond ini banyak bantuin gw untuk pulih kembali ke sedia kala bgt...

blog kali ini panjang bgt ya hahahahaa... oh ya gw juga sempet kumat trus kabur season 2, nanti gw cerita di lain kesempatan deh, makanya gw bilang kalo ibu itu super duper kuat kalo didukung lingkungan sekitarnya yang bikin ibu bahagiaaaaaa....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar