Jumat, 08 Mei 2015

hamil dengan miom besar

semoga yang gw tulis ini bisa membantu para mommy yang bernasip sama kaya gw,

8 mei 2015
sekarang gw udah memasukin bulan ke-6 bulan besok 7 bulanan, semoga si andy nepatin janjinya mao ngadain pengajian, mengingat kemaran kaga 4 bulana karena lagi sereett Aminnnn, kehamilan gw ini termasuk yang beresiko besar ga AMAN, karena selain ada si ade di rahim gw juga punya miom sebesar 12cm kemaren trakhir kali priksa tanggal 16 April 2015. Sebelom nikah siklus haid gw gak beraturan kadang gw bisa sampe 2-3 bulan gak haid, kadang normal PAS tanggalnya, hingga satu hari gw priksa ke ongkomulyo sama temen kantor gw lola disitu kita datengin dokter prempuan, gw lupa siapa namanya tapi galak banget dah, ini nihh yang bikin gw percaya klo dokter spog prempuan rata-rata judes gak care sama pasiennya, malah nakut-nakutin dan gak sopan banget pertanyaannya masa dia nanya sama gw kenapa bisa gak mens 2 bulan? apa anda melakukan sesuatu? ya kaleeeee... Alesan gw ngajak lola juga karena gw gak mau ngerepotin mama yang lagi pusing ngebangun rumah, kebayang kan repotnya single parent yang lagi ngawasin bangun rumah, nanti mama gw bengek trus mewek lagi klo tau gw kenapa-kenapa.. sama dokter ini gw cuma dipriksa usg doang trus dokternya ngomong ini ada sesuatu nih tapi dia gak jelasin sesuatu itu apaan, gw cuma di rujuk ke klinik apan tau gw lupa, katanya alat usgnya lebih canggih..
dari ongkomulyo gw disuruh sama lola pergi ke RS. Hermina nemuin dokter kakaknya dia dr. Andon katanya baik trus gak judes "udah pokoknya lo kesana aja deh cek sama dia, kan gak bisa opini satu dokter doang" nahh pas sama dr. Andon gw di deteksi punya kista jeng jeeenggg!!!!!! setiap sebulan sekali gw cek kista gw ke dr. Andon dia bilang gw ini hormonnya ga bener, banyak pikiran!! harus santai, gak boleh banyak-banyak makan junkfood, menn antrian dr. Andon ini nujubileeeeee yaaaa amit-amitt dah dateng jam 6 baru cek jam 11, belom lagi ko ada pasien yang emergency diselak ya sah-sah ajee, abis dr. Andon ini dokter kondhaanggg, gw cuma dikasi resep pil KB buat benahin hormon gw, eehh beli pil KB di apotek harus pake KTP loh jadi berasa gak enak, orang kan gw nebusnya juga pake resep sah.. trakhir priksa sama dr. Andon kista gw hilang Allhamdulilaaahhhh, tapi muncul miom dan gw dijadwalin harus operasi laparoscopy sama dia OMG gw inget susternya ngomong "siapin mentalnya dulu ya" aihhhhh apaan ituu kaya mau di bunuhh dahh jadii gw kaga balik-balik lagi ke dr. Andon karena takuttt meennnn mau gak mau harus diangkaatt..

gw kaga cek ke dokter spog mana pun sebelom tau hamil loh NEKAD!!!! ya abis gw takut sumpah takuuuttt banyak juga yang nakutin kalo operasi nanti rahimnya diapa-apain loh, kan penduduk indonesia banyak, jadi suka ada dokter yang nahan prosesi kelahiran, nanti susah punya anak loh, ah masi gadis kok udah di obok-obook dan bla bla bla blaaa.. hingga pas gw cek hamil itu miom membesardari yang awalnya 5 cm jadi 12 cm, gw sempet nanya sama beberapa temen gw yang punya miom juga, mereka bilang habis di operasi nimbul lagi jadi selama gak mengganggu ya ga usah di opek-opek, yang gw alami miom ini gak ganggu gw tapiii kalo masalahnya lagi hamill ada si janinn takutnya miom mengganggu perkembangan janin.. dari semua dokter yang gw datengin demi mendapatkan dokter spog yang nyama yakni dokter ketcee dr. Achmad mediana semuanya bilang miomnyaa gede yaa buuu, tralalalal trililiilii... Allhamdulilaah miom gw gak ganggu makannya si ade karena plasenta gw diatas Alloh memaang punya rencana yang INDAH banget ya pinter bgt ngaturnya

trimester pertama
karena belom ketemu sama dr. Achmad mediana, jadi gw sama dr. Harjanto banyak banget pantangan makan karena miom, gw juga dikasi obat penguat kandungan yang mahall bgt lupa gw namanya progetron apaan gt deh, obat ini di stop langsung sama dr. Achmad gw tanya kenapa di stop? dia bilang udah kuat kok kandungannya ngapain dikasi obat? gpp obatnya abisin dulu aja tapi jangan dibeli lagi. Makanan gw gak boleh ayam boiler, kacang etc jadi gw bingung mau makan apaan sumpah ini bikin stress loh, pertengahan trimester pertama kita ketemu sama dr. Achmad dia bilang gpp makan ayam bolier toh gak bisa dihindari juga, dan miomnya pasti akan membesar, dia gak ngelarang gw makan kacang-kacangan juga, lah ya sebagian besar makanan di indonesia kan ada kacangnya yaa entah itu kacang tanah/ kedelai mana gw suka banget lagi makan tempeeee. Setiap hari gw selalu ajak ngomong si ade sama miom juga gw bilangin bae-bae yaa gw sayang lo berdua, jangan brantem didalem sana yaa, karena waktu itu miomnya sebelah kanan jadi selain usap-usap ade yang sebelah kiri gw juga usap-usap miomnya, jadi berasa punya anak kembar gw hahahaa..

gw gada keluhan mengenai miom selama kehamilan, paling gw trimester pertama ini sakit kepalaaa, muntah muluuuu, batuk pilek (minum dekolgen setengah, kalo mo tidur minum lagi setengah) itu juga batuk pilek ketularan temen kantor. Malem-malem bangun mual plus muntahh, minta pijitin suami sampe pagi karena badan gak enak banget serasa masuk angin plus mewek gak jelas emosi naek turun...

trimester kedua
cek ke-2 dr. Achmad mediana di klinik AMS kemang, Allhamdulilahh miom gw gak bertambah gede, cuma dia pindah ke bawah jadi nutupin jalur lahir, tadinya dr. Achmad bilang mungkin sesar, tapi karena si miom pindah nutupin jalur lahir dia bilang "udah deh ini sesarr" dr. Achmad ini paling ngusahain lahiran normal loh, banyak temen kantor gw yang jadi pasien dia, bahkan yang alumini bilang dia mau loh nungguin supaya bisa lahiran normal, kalo pun endingnya harus sesar nanti dia jelasin ke pasiennya kenapa harus tiba-tiba sesar, kaya kasus temen kantor gw yang ternyata plasentanya pendek, dr. Achmad juga pro ASIX loohh, dia bilang gw gak boleh tertekan, ini didalem aja udah tertekan masa diluar tertekan juga? Allhamdulillah Alloh masi sayang sama kluaga kita mudah-mudahan sampe lahiran lancar yaa Aminnn. tanggal 6 Juni 2015 nanti gw tujuh bulanan smoga miom gw gak tambah membesar malah tambah mengecill Amiiinnn Aminnn dan si adek sehat-sehaattt Aminnnn Aminnn.

12 komentar:

  1. Slm kenal Mb.. Gmn udh lahiran? Dy jg ada hamil + bonus miom lumayan.. Sakitnya kadang nusuk2 n bikin susah bak..
    Tp smw dinikmati demi Debay..

    BalasHapus
  2. Salam kenal mbak.. saya jg pernah hamil, tp krn ada miom jd hamilnya cm sampe 17W. Udah 3 dokter nyaranin utk operasi. Tp saya masih takut.

    BalasHapus
  3. salam kenal
    seru bacanya..bisa jd inspirasi saya..saat ini kehamilan saya 9minggu,beserta miom yg sdh 13 cm..senang takut campur aduk..tp saya jd lbh kuat dg baca ini..mksh bunda nadya sdh bagi cerita..semoga debayku jg sehat sampai lahiran..Amin hanya berserah sama Tuhan.

    BalasHapus
  4. Salam kenal semua.. saya juga sedang menunggu 10 th untuk hamil. Saya juga penderita kista kanan kiri + mioma, bagaiman cara nya biar bisa cepat hamil dan semoga tahun ini terkobul untuk yg diharapkan Aamiin Allahumma Aamiin

    BalasHapus
  5. Saya divonis ada miom jg mbak. bru ketauan pas usg pertama. 7 bln kosong. Lalu ikhtiar kurma muda + serbuk zuriat. Alhamdulillah kmren periksa k dokter positif hamil. Jgn putus asa mbak...

    BalasHapus
  6. Alhamdulillah jadi seneng bisa baca pengalaman temen2..istriku juga hamil dengan miom 12cm..uk 12w..semoga allah memberikan yg terbaik buat anak dan istriku

    BalasHapus
  7. Oo iya ini kehamilan anak pertama kami setelah 18th penantian..karunia allah yg maha kuasa..

    BalasHapus
  8. gmn mba nadya..

    apakah lahirannya normal dg adanya miom??apakah hrs opr??sy disaranin hrs opr sm dok krn takut resiko pndarahan. pdhal hsl usg miomnya ga nutupin jln lahir....

    BalasHapus
  9. Miom 12 cm tapi nggak menggangu sm sekali ya...miomku 10 cm tapi sakit sekali. dari awal sebelum hamil memang sdh sering nyeri perut bawah, panggul sampai kaki..hamil 16 minggu ini sdh cukup sering nyut2an dan kaku sekali bagian perut yang ada miomnya itu dari pinggang sampa kaki.

    BalasHapus
  10. salam kenal mba Nadya....
    ceritanya memotivasi bangetttt......
    aku juga lg hamil sekarang usia 9w dengan miom krg lebih 9cm....takut juga sih..3 hari lagi jadwal ke dr.spog...mana dokternya galak cyiinn...hahaha
    semoga debaynya sehat n miomnya gk tambah besar yahh...
    semoga sehat smpe usia 9 bln..soalnya takut bnyk yg bilang klo miom besar nnti anaknya lahir prematur...hiks
    masalah nnti lahir normal/CS mikir belakangan yg penting debaynya sehat ibunya sehat..Aamiin


    BalasHapus
  11. Hi Aku juga kemarin hamil ada Miom sebesar 30cm dan sekarang bayinya sudah lahir, saya juga tulis blog untuk sharing pengalaman kehamilan dgn miom semoga bermanfaat ya:
    https://vavilovav.blogspot.com/2019/01/the-journey-of-my-pregnancy-with-myoma.html?m=1

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masha Allah miomnya 30cm ?? Besar sekali..
      Pas umur 3 bln kehamilan, sy ada miom 13 cm. Skrg sdh 9 bln jelang melahirkan, posisi janin sungsang, hrs cs..tp dokter khawatir adanya pendarahan.
      Jd takut.
      Apakah saat melahirkan sampai terjadi pendarahan dg miom sebesar itu ?
      Ada tips untuk mencegah pendarahan saat melahirkan utk bumil yg ada miomnya ?

      Hapus