Senin, 17 Agustus 2015

c-section lagiran adyla deva andriana




gambarnya emang ga ngenakin ya nanti gw ganti deh, tapi sementara ini dulu aja ya soalnya ini satu-satunya gambar yang bapaknya ambil pas lahirn di KMC,

jumat, 7 Agustus 2015
gw masi ngantor seperti biasa lahh, gada masalah apa-apa kok..

sabtu, 8 agustus 2015
aktivitas hari ini memang lumayan banyak, tapi gw gak ngerasa cape sama sekali kok, cuma kesana-kemari beli bahan makanan buat tumpengan yang gw rencanain buat ulang tahun andy besok, mama sebelomnya udah beli tempe buat tempe orek/kering, beli ayam di giant-rawamangun, kita juga makan di gading gw lupa makan mpek-mpek apa makan mie..

minggu, 9 agustus 2015
pk 02.00
tengah malem buta gw inget banget jam 2 pagi lagi tidur miring ke kanan, lah kok merembes? gw kira pipis kalo gak keputihan, tapi kok banyak? bolak-balik ke kamar mandi, sedangkan andy masih melek masih maen game, kita gak panik soalnya gak tau kalo itu apaan? keputihan apa aer ketuban? makin lama makin banyak rembesan sampe gw sumpel pake anduk gede basaaahh smuanya.
subuh jam 4 5an mama udah bangun, gw ke bawah cerita klo rembes ni mah, mama langsung panik dia bilang itu aer ketuban, amis gak? bau gak? gw bilang gak bau gak amis ini kaya aer biasa.. andy bilang suruh ke KMC cepetan, tapi kan gw ogah lah yaa gangguin dr.Achmad masa malem-malem butee.. akhirnya gw sms dr. Achmad, dia bilang suruh cek ke KMC, gw bilang lahh dok ga bisa diapain gitu? dr. Achmad bales sms "takutnya itu air ketuban" waduhhhhhhh paniklah gw mana belom packing lagi, jadi sebelom ke bawah gw pelan-pelan masukin baju satu-satu ke tas, di bawah ambil celana dalem sama cd, bahkan peralatan mandi aja gw lupa masukin, untung pas di RS andy beli di circle-K

pk 06.30 - pagi
gw masi sempet jalan pelan-pelan kasi kado ulang tahun andy, seriusss meenn dia panik kayaknya jadi kaga supris deh yaa kertas kado bikinan gw huuuu.. pitanya juga lupa gw simpen lagi, ahh biarin deh, mama bikin sarapan sama minum buat andy sebelom brangkat.. kita mandi dulu dong masi sempet leha-leha yeee, gw sumpel pake softek yang tersisa sambil sesekali cek klo ada flek apa gak, nyatanya cuma air doang.. masukin buku kontrol, bawa tas trus cuss ke KMC

pk 8.30 - pagi
sampe deh di KMC, langsung andy ke informationnya trus kita disuruh ke lantai-4 ruang observasi tapi kita nunggu lamaaa, karena banyak pasien waktu itu, jadi gw duduk di kursi sambil nyender sesekali gw jalan ke wc pipis sama ganti softek yang udah banjir air, susternya telponin dr. Achmad teteedddddd kita dikasi tau kalo dr. Achmad lagi seminar/pelatihan di krawang kalo gak salah dan baru bisa balik sekitar jam 6an, kalo ada apa-apa cek dulu sama dr.Priyo waduhhhhhhhhhh gw kan pengennya lahiran sama dr. Achmad, gw takut kalo dr. priyo gak jelas catatan medis gw mana gw ada miom gede pulaa ini gimanaaaa... "sambil bisikin si ade, tahan ya nunggu dr.Achmad ya dee"

pk 9.00 - pagi
akhirnya gw masuk ruangan pasien juga, langsung di CGT, susternya nanya ngerasa kontraksi gak bu? gw bilang gak kok sus, mules aja juga gak kok, tapi pas diliat hasil CGT ternyata gw mules tiap 10 mint 2x, lah kaga ngerasa kokk.. jantung ade juga di cek, dan gw masih bolak-balik pipis.. gw juga diambil darah buat cek alergi dan resus type darah tapi gak cukup, jadi diambil lagi deh buat cek kebenaran tipe darahnya habis dr. Achmad bilang HB gw masi rendah jadi takut pendarahan jadiii kita pesen darah ke PMI, aduhh mulai panik deh gw takut pendarahan.. gak lama gw ditanya udah sarapan apa belom? belom sus saya panik soalnya, trus dikasi teh manis sama roti bakar coklat, untung gw maksain makan krn pas ambil darah gw harus puasa, tau deh puasa brp jam.. mana mau pipis lagii tapi pengen minum takut kenapa-kenapaa *panik dan masi denial kalo besok senen gw masi bisa kerja dan ini gpp.
akhirnya dateng suster yang ngabarin kalo hari ini operasi gw dimajuin (btw di papan KMC udah di tulis nama gw loh buat operasi, gw aja sampe kaget kok bisa nama gw ada disitu? buat tanggal 28 agustus tapinya sapa itu yang nulis disindang? ) balik lagi ke suster yang dateng ke kamar trus ngabarin kalo operasinya hari ini jam 5 nunggu dr. Achmad ngebatalin semua kerjaannya *duh maaf ya dokk aduuuww.. dan gw masi denial gak mungkin ahh masa operasi hari ini? gak lama suster tes alergi ampun deh gw di tusuk-tusuk, paling sebel pas pasang infus, gak masuk trus bengkak uratnya type yang bengkak... gw kira klo di infus di tempelin doang kaga masuk jarum lah ya hahahaa.. gw masi bandel gak mo pipis di pispot, sampe ngerayu susternya "sekali aja sus gpp ya?" aduhh gak bisa klur kalo di pispot sus, udah masi kuat kok" Allhamdulilahh cyin gw kaga pipis di pispoot, di cek sama bidan/suster nyatanya gw masi bukaan 1, lah iyaalah orang masi lama lahirannya suuss... gw juga ganti baju operasi RS ini mah baju sekli tiup terbang dehh malu amat abis kaga boleh pake bh sama cd, yang maluuu banget bulu kemaluan harus di cukurr, kenapa susterrr kok di cukurr? katanya biar gak mengganggu operasinyaa.. gw juga dibius punggungnya cuma ada sensasi dingin doang buat nanti kan suntik anastesi di tulang biar mati rasa.. kluarga andy dateng nengok smua ngasi gw SEMANGAAAATTTTT, andy bolak-balik ke bawah administrasi buat pesen kamar, jangan sampe yang kelas-3 abiss, nyatanya Allhamdulilaah masi ada 1 kamar, laennya VIP VVIP busyeetttt mau bayar pake apaaann klo VIP.
dr Made spa dateng ke kamar observasinya jelasin gimana proses nya nanti, jadi nanti ada imd, gw lupa deh dia ngomong apaan saking panik udah mo jam 5..

pk 17.00 - sore
gak kerasa deh ya udah jam 5, gw dibawa kluar dari ruang observasi, eehhh dateng deh dokter kesayangan kitaaa
dr Achmad : Nadya ngapain ketuban di pecah-pecahin? kan tanggal 28
gw              : ihh dokter siapa yang mecahin? ini gak bisa di tambel dok?
dr Achmad : ya gak bisa kan ketuban
gw              : *masi ngeyel dita kmrn gpp, gak bisa di apain gitu? bsk mo ngantor
dr Achmad : kamu ada-ada aja
gw              : *ini beneran operasi ya? haduuuuhhhhh
diiiringi tawa suster dan bidan krn gw minta tambel
gw              : suster boleh gak pulang aja?
suster         : ya jangan dong bunda, kan mau ketemu dede sebentar lagi
gw              : saya takut susterr
suster          : gak sakit kok bunda, cuma sebentar aja kok, bismilah yaa

masuk ke theater operation gak boleh di temenin sama kluarga, entah itu suami/mama, jadi bener-bener sendiri, pas gw di bawa masuk kan tiduran ya? jadi berasa di film grey anatomi ko gak ER gw tiduran sambil di bawa pake ranjang RS, sebelom sampe di ruang operasi gw sempet liat ada yang lagi di observasi setelah operasi gw baca papannya ya Allah kasian dia abis di kuret, gw sambil doain semoga nanti hamil lagi ya mbaa, Aminnnnn *mbaknya lagi bobo efek bius mungkin. Pas masuk ruangannya wooo banyak lampu silo amat itu udah siap dokter anastesinya ngenalin diri sambil guyon gw "dokter itu lampunya kaya lampu ufo silo amat?" iya ini malah bagus loh terang gw lupa becanda apaan lagi sm dr anastgesinya lucu juga ya dokter-dokter di KMC ramah... 
pas suntik bius di tulang blakang gw diulang 2x soalnya bergerak, yang pertama gw gak sadar nyengkrem lengan suster cantik yang arab ituu yang masang infus gw.. karena bergerak jadi diulang, kali ini gw meluk bantal haduhh sakit bangeett itu jarumnyaa, katanya jarumnya gede, untung gw gak liat visual kan bisa mematahkan semangat dan menipuuu... dr anastesinya nanya kerasa panas gak? iya sedikit, kan gw takut klo biusnya kurang trus jadi ngerasa sakit, trus dia nanya lagi bisa angkat kakinya gak? bisaa nihhh... gak lama dia nanya lagi bisa angkat kaki sekarang? gak bisaa loh kenapa ini? "biusnya udah bekerja bunda.."
tangan gw telentang kanan kiri, sebelah kiri infus, sebelah kanan kayaknya di pasang alat tensi deh.. ada bunyi bip bip bip gitu. Dr. achmad masuk trus nengok gw bentar "siap ya nadya, bismilah ya?" iya dokk siap.. suster bacain rekord medik gw kaya di grey anatomi klo mo operasi, sambil di sempitin kata "semoga operasi berjalan lancar Amiiinn" disambut sama dokter Aminnn trus gw bingung deh ngapain tapi gak lama si ade kluaaarr Allhamdulilaaahhh, yang nongol bokongnya dulu soalnya gw denger dokter nya ngomong kita di kasi bokong ini, di ade belom lahiran aja udah guyon srimulat kaya bapaknya deh ih, dr.anastesinya bantu dorong si ade dari arah gw, kayaknya gak bisa di tarik soalnya kan bokongnya yang nongol.. jadi kepalanya yang ke arah gw di dorong sama dr. anastesi gw inget banget lah ini ngapain tangannya dorong apaan? kerasa kok abis itu perut gw kempes Allhamdulilaaahh kedengeras suara nangiss si adeee, langung IMD sama suster yang cantik ituu yang pake kacamata itu loh, gw lemes gak bisa ngapa-ngapain padahal biusnya kan di bawah ya? di pencet puting gw supaya kluar air susunya, banyak nii, sambil ngalihin perhatian gw ke si ade, mungkin dokter Achmad sama priyo lagi jahit kali ya... gpp deh gw maen dulu sama si ade, tapi kok lama yaa? kata mba indri emang jahitnya yang lama, truss hebooh tiba-tiba "miomnya gede banget" ehh suster yang lagi nemenin gw imd pengen liat, trus dr siapa tau bilang "jangan neken adenya nanti kena" iya mo liat miomnya kata susternya, aduhh miomnya emang segede apaan sii? gw ngerii dah udah mikir nanti 3 atau 6 bulan lagi kudu angkat miom gitu? haiyayyayayayayayayayaaa... gw sempet nyium bau kebakar gitu apaan tau gak enak banget...
trusss si ade di bawa dulu sama susterrnya, nanti ketemu lagi nyusuin ya bundaa, bundanya istirahat dulu.. gak lama dr.Achmad dateng ke sisi gw yang di tutup kerek ijo 
dr Achamd  : Nadya mau oleh-oleh gak ni?
gw               : ihh apaan itu gede bangeeett
dr Achmad : ini miomnya gede, ada 2 lagi ni yang kecil kaya bakso

miomnya merah git gede kaya ati sapi buat lebaraann serem amat, gw mikir ohh diangkat ya? duhh bayar brapa yaa? *langsung mikir duit teteed toeeddd...
Allhamdulilaahh operasi c-section gw berjalan dengan lancaarr JAYAAAA, bahkan darah yang dipesen di PMI gak dipake, walaupun harus bayar ya gpp dariapda pendarahan hii serem amat, auk dah tuh darah siapa, gw sehat sempurna si ade juga gitu..
jadii selama 2 jam gw diruang observasi lagi ada suster cubby yang bawain gw teh manis, tapi gw gak kuat minum, nanti aja ya bunda? iya deh... gak lama masuk andy gw kira siapa ini ya dokter apaan lagi? anehnya gw ngantuukk banget sama pusing kliyengan gitu.. gw bingung *mudah-mudahana gak ngomong ngawur ngidul... andy nanya mo di temenin apa gimana? gw bilang mo tidur ngantuuk inii... yaudah gw molor dulu deh zzZzzz ZZzzzZz gak kerasa udah 2 jam susternya masuk lepasin alat tensi yang otomatis kenceng sendiri tiap brp menit.. trus gw diminumin teh manis.. baru deh di bawa keluar ke kamar.. ganti ranjang.. disana ada pasangan yang lagi nunggu masuk ruang observasi, jadi inget beberapa jam yang lalu hehehe... 

gw gak boleh turun dari ranjang selama 24 jam, pipis aja pake kateter, beberapa kali suster bilang minum gw kurang diangkat deh tu plastik pipisnya hii kuning... jadi gw bersahabat sama aer putih lah yauuu, sambil nanya sama andy itu liat kantongnya bening kaga?
Allhamdulilaahh lancar lahirannya makasii banget buat Allah SWT, dr Achmad mediana, dr. Prio, dr Made sama dr Anastesi *nanti gw cari tau namanya siapa.. makasi juga buat mama dan andy buat dukungannya dan juga smua suster-suster KMC yang gw ajak srimulat pas mo operasi..
lanjut ke cerita ke-2 nya nanti ya nanti nunggu waktu dyla bobo dan lenggang gw nya, ini gw sempetin nulis pas dyla lagi molor sampe dimandiin sama mama *gw belom brani mandii dylaa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar